Sunday, November 1, 2015

TIPS MENGATASI NYERI PADA SAAT MENSTRUASI / HAID

Haid adalah salah salah satu bagian yang terpenting dari kodrat seorang wanita. Dalam hal ini, kita akan bahas tentang nyeri pada saat haid girls!! Pernah gak kalian merasakan nyeri pada saat haid? Atau malah sering? Hmmm... Itu wajar girls!! Nyeri pada saat haid merupakan pertanda kontraksi otot rahim yang menguat. Hal ini dapat dipicu karena kematangan hormon dan kesiapan pembuahan.
Lha trus apa hubungannya dengan haid?
Hubungannya adalah otot rahim akan berkontraksi untuk mendapatkan pelatihan secara alami dalam memperkuat persiapan ditempeli janin pada saat hamil. Hal inilah yang dilakukan oleh rahim yang mempunyai sel telur yang sudah siap dibuahi.
So...
Gimana caranya ngatasi nyeri pada haid?
Gini ya girls!! Sebenernya rasa nyeri pada saat kalian dapet tu normal dan wajar. Tapi tenag aja, kita akan bagi beberapa tips buat kamu yang mengalami nyeri pada saat haid.

1. Perbanyak Minum Air Putih dan Makan Buah yang Mengandung Banyak Air
    Gini ya girls!! Pada saat menstruasi, kita sebenarnya mengalami yang namanya dehidrasi ringan alias kurang cairan dalam skala kecil.

Namun dalam hal ini kita harus segera melakukan suply cairan dengan cara menggantinya dengan minum air putih minimal 8 gelas tiap hari (seperti yang disarankan ahli kesehatan ya...). Selain minum air putih, kita juga bisa makan buah yang banyak mengaandung air. Misal kita makan buah pepaya, pir dll. Dengan minum air dan makan buah ini kita akan dapat asupan cairan selama masa haid.
2. Lakukan Senam Yoga atau Pernafasan
   Yoga adalah gerakan - gerakan yang bertujuan untuk menjaga kestabilan dan kelancaran peredaran darah dalam tubuh kita girls!!

Nah, pada saat haid, ada beberapa baian tubuh yang mengalami keterlambatan peredaran darah dan ada juga yang mengalami peningkatan peredaran darah. Nah, yang perlu kalian lakukan adalah membuat stabil peredaran darah dengan mengatur nafas atau melalukan senam yoga.
3. Hindari Terlalu Capek dalam hal Kegiatan Sehari - hari
    Maksud kita disini adalah, kalian jangan teerlalu over dalam melakukan kegiatan sehari - hari girls!!
Bukannya melarang, namun ada baiknya karena kalian mengalami pelepasan darah kotor (secara otomatis cairan kalian juga ikut keluar), maka kalian hendaknya sedikit melakukan kontroll terhadap aktifitas sehari - hari.
4. Mandilah dengan Air Hangat
    Mandi dengan air hangat tak hanya membuat tubuh menjadi rilex. Air hangat yang menyentuh tubuh kalian akan menjaga kelembaban kulit sehingga tidak semua keringat akan banjir keluar pada saat kalian mandi. Ini penting mengingat kalian sedang mengalami pengeluaran cairan rutin.

Hal ini juga akan membuat tubuh serasa ringan alias mengembalikan vitalitas kinerja organ dalam kalian.
5. Hindari Minum Es
    Sungguh segar rasanya meneguk es di siang hari apalagi pada saat musim panas. Rasanya seperti hidup kembali. Tapi hati - hati ya girls!! Es yang kalian minum itu akan banyak menghambat peredaran darah kalian.

Terlebih lagi kalian pas menstruasi. Tubuh kamu akan sangat riskan dan dekat dengan yang namanya nge-drop. Hal ini dikarenakan suhu es dan tubuh tidak seimbang, sehingga bisa jadi kamu akan merasa pusing atau pening di kepala. Beberapa hari gak minum es gak akan membuat kalian jadi gak keren kok girls!! Tenang aja :D

Nah, demikian untuk seputar tips mengatasi nyeri pada saat menstruasi. Semoga hari kalian menyenangkan ya girls!!

No comments:

Post a Comment